Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2 Berikut Ini Gejala Diabetes Tipe 1

Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Berikut Ini

Assalamualaikum berjumpa kembali di situs Asli Herbal Nusantara , pada pertemuan ini saya akan membahas tentang "Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Berikut Ini" dengan jelas, mari simak selengkapnya ...

Diabetes merupakan alpa satu aib tak menular dengan angka kasus yang adiluhung di Indonesia. Menurut , ala tarikh 2013 angka pengidap kencing manis di Indonesia mengaras 8,3 juta kasus.

Diabetes seorang diri terbagi dalam duet model ialah kencing manis contoh 1 dengan kencing manis contoh 2. 

Kendati demikian, sedang berjibun masyarakat yang belum memafhumi antagonisme duet model ini. Pada dasarnya duet model kencing manis ini ada gejala yang sama tetapi ajek ada beberapa perbedaan, tak hanya penyebabnya tetapi lagi pengobatan.

Nah, untuk memafhumi antagonisme kencing manis contoh 1 dengan contoh 2, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu kencing manis contoh 1

Diabetes contoh 1 bisa dipahami sebagai ketidakmampuan badan untuk memproduksi hormon insulin. Kondisi ini terkadang didiagnosis ala anak-anak maupun dewasa.

Jika anda celaka contoh ini, itu berarti anda ada kondisi autoimun. Di mana sistem kekebalan badan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas.

Setiap orang membutuhkan insulin, akibat insulin mendukung membawa glukosa dari keturunan kita ke sel-sel tubuh. Kemudian glukosa ini berperan jadi energi. Tanpa insulin, kemampuan glukosa dalam keturunan jadi tinggi.

Apa itu kencing manis contoh 2

Jika celaka kencing manis contoh 2, badan sedang ajek bisa memproduksi insulin, tetapi sel-sel badan jadi kurang sensitif terhadap insulin. Bisa jadi badan memproduksi insulin yang tak cukup untuk tubuh, alias bisa lagi insulin tak bekerja dengan baik.

Diabetes contoh 2 umumnya dialami oleh orang yang berusia di atas 30 tahun, dengan kondisinya terus beranjak seiring bertambahnya usia.  

Perbedaan kencing manis contoh 1 dengan 2

Pada detik anda celaka kencing manis 1 alias 2, anda akan ada kemampuan maltos yang tinggi. Kendati begitu, sedia beberapa antagonisme antara duet model kencing manis ini, di antaranya:

Penyebab kencing manis contoh 1 dengan 2

Diabetes contoh 1 disebabkan oleh proses autoimun. Pada orang dengan kencing manis contoh 1, sistem kekebalan dapat menyerang dengan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas. Setelah sel beta ini dihancurkan, badan tak dapat memproduksi insulin.

Tidak terbongkar menurut pasti, mengapa sistem kekebalan menyerang sel-sel badan sendiri. Tapi menurut medis kondisi tersebut ada hubungan dengan aspek genetik dengan lingkungan, seperti paparan virus.

Sedangkan, ala kencing manis 2 masalah elementer merupakan ketidakmampuan sel-sel badan untuk memakai insulin dengan ayu dengan efisien, yang mengarah ke hiperglikemia (gula keturunan tinggi) dengan diabetes.

Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Berikut Ini

Masalah ini sebagian besar mempengaruhi sel-sel otot dengan jaringan lemak, dengan menghasilkan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. Pada kencing manis contoh 2, sedia lagi depresiasi stabil dari sel beta yang memperbagus proses peningkatan maltos darah.

Ciri elementer kencing manis contoh 2 merupakan kurangnya liabilitas terhadap insulin oleh sel-sel badan (terutama sel-sel gajih dengan otot).

Gejala kencing manis contoh 1 dengan 2

Tanda dengan gejala kencing manis contoh 1 alias 2 tak jauh berbeda. Beberapa gejala yang mungkin dialami, seperti:

  • Sering buang cecair kecil.
  • Mudah sadar dahaga dengan berjibun minum.
  • Mudah sadar lapar.
  • Perasaan amat lelah.
  • Penglihatan kabur.
  • Luka yang tak sembuh dengan baik.

Orang dengan kencing manis contoh 1 lagi mungkin arung perubahan cuaca hati, berat badan yang berkurang menurut tak jelas. Penderita kencing manis contoh 2 mungkin lagi mati rasa dengan alias kaki.

Meskipun berjibun dari gejala kencing manis contoh 1 dengan diabetestipe 2 sama, tetapi kedatangan gejalanya berbeda. Banyak orang dengan kencing manis contoh 2 tak arung gejala apa-apa selagi bertahun-tahun. Atau bisa lagi gejala baru ada detik pernah mekar dengan arung komplikasi. 

Sedangkan, ala contoh 1 gejala mekar dengan cepat, biasanya selagi beberapa minggu.

Faktor akibat

Terdapat beberapa aspek akibat yang dapat meningkatkan kebolehjadian anda mendapat kencing manis contoh 1:

1. Riwayat keluarga

Jika orang tua anda alias saudara kandung ada kencing manis contoh 1. Kamu ada akibat adiluhung lagi untuk terkena aib ini.

2. Usia

Diabetes contoh 1 dapat ada ala usia berapa pun, tetapi amat acap terjadi ala anak-anak dengan remaja.

3. Genetika

Kehadiran beberapa gen membuktikan peningkatan akibat terkena kencing manis model ini.

Kamu bisa kian berisiko arung kencing manis 2, jika: 

  • Kelebihan berat badan alias obesitas.
  • Memiliki anggota keluarga dekat dengan kencing manis contoh 2.
  • Berusia di atas 45 tahun.
  • Secara badan tak aktif.
  • Pernah celaka kencing manis gestasional, yaitu kencing manis selagi kehamilan.

Diagnosis

Tes elementer untuk kencing manis contoh 1 dengan contoh 2 dikenal sebagai tes glycated hemoglobin (A1C). Tes A1C merupakan tes keturunan yang menentukan kemampuan maltos keturunan rata-rata selagi duet hingga tiga bulan terakhir.

Semakin adiluhung kemampuan maltos keturunan anda selagi beberapa bulan terakhir, semakin adiluhung tingkat A1C kamu. Tingkat A1C 6,5 alias kian adiluhung membuktikan diabetes.

Pengobatan kencing manis

Jika anda celaka kencing manis contoh 1, anda harus memakai insulin untuk mengontrol kemampuan maltos darah. Kamu lagi harus menguji kemampuan glukosa keturunan menurut teratur.

Selain itu, anda lagi harus membagi berapa jumlah konsumsi karbohidrat (karbohidrat) saban hari. Menghitung karbohidrat akan mendukung anda menentukan berapa berjibun insulin yang harus diambil ketika memasukkan makanan.

Sedangkan, pengobatan untuk contoh 2 kian berabe akibat fakta bahwa badan dapat memproduksi insulin tetapi tak dapat memakai insulin menurut efektif.

Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Berikut Ini

Bagi berjibun orang dengan pradiabetes alias tahap awal contoh 2, modifikasi daya hidup mungkin bisa mendukung mengendalikan masalah. Bisa dengan aktivitas fisik, menurunkan berat badan, dengan mengikuti rencana diet sehat untuk menghindari obesitas. 

Tetapi cukup acap orang dengan contoh 2 lagi harus ayap obat. Ada berjibun sekali jenis, alias kelas obat yang digunakan untuk mengobati bentuk aib ini. Obat-obatan ini acap digunakan dalam afiliasi seperti berikut:

1. Sulfonilurea

Mengonsumsi obat ini dapat merangsang sel beta pankreas untuk memproduksi kian berjibun insulin. Jenis yang terbabit obat ini merupakan glikburida (diabeta) dengan glipizid (glucotrol).

2. Biguanides

Obat model ini berfungsi untuk menurunkan pabrikasi glukosa oleh hati. Beberapa obat model ini seperti, metformin (glucophage).

3. Meglitinides

Beberapa model obat ini merupakan repaglinide (prandin) dengan nateglinide (starlix), ini merupakan kelas obat yang merangsang pabrikasi insulin.

Diet

Penderita kencing manis contoh 2 harus fokus ala incaran sehat. Penurunan berat badan acap jadi bagian dari rencana perawatan kencing manis contoh 2, sehingga dukun anda dapat menyarankan rencana makan rendah kalori.

Termasuk makan-makanan yang mengandung gajih hewani alias lagi junk food.

Penyakit ayu itu kencing manis 1 dengan 2 tak boleh diabaikan, dengan harus ditangani menurut tepat. Jika tidak, aib ini bisa menyebabkan komplikasi. Oleh akibat itu, andaikata anda ada akibat terkena diabetes, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jangan ragu untuk bertanya kian lanjut kepada dukun bayaran di layanan diskusi Good Doctor yang dapat diakses melalui aplikasi 24/7 sekarang!

Begitulah pembahasan "Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Berikut Ini" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori gejala diabetes tipe 1, gejala diabetes tipe 1 pada anak, penyebab diabetes tipe 1 pada anak,

artikel ini bersumber dari https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/diabetes-tipe-1/

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2 Berikut Ini Gejala Diabetes Tipe 1"