16 Khasiat Dan Manfaat Daun Pare Untuk Kesehatan Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

16 Khasiat dan Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan

Halo bertemu kembali di situs Asli Herbal , pada pertemuan ini saya akan menjelaskan mengenai "16 Khasiat dan Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan" dengan jelas, yuk simak sedetilnya ...

16 Khasiat dan Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan

Pare merupakan suatu jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai sayuran seperti sayur pare. Dimana bagian yang sering dimanfaatkan yaitu bagian buahnya. Namun terdapat bagian lainnya dari tanaman ini yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu bagian daunnya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, manfaat daun pare itu sendiri sangat beragam mulai dari menjaga kesehatan hingga pengobatan. Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Pare
Tanaman pare via blogspot.com

Daun pare mengandung berbagai senyawa dan juga fitokimia seperti momordin, momordisin, asam resinat, charantin, asam trikosanik, saponin, vitamin A, vitamin D, dan juga lemak. Adapun lemak yang terkandung di dalam daun pare diantaranya yaitu asam oleat, asam linolenat, dan L. oleostearat. Kombinasi dari berbagai senyawa inilah yang membuat daun pare sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pare

Berikut 16 manfaat daun pare bagi kesehatan:

16 Khasiat dan Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel, khasiat daun pare juga ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, dengan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mempertajam penglihatan Anda, terutama di malam hari, dan mencegah rabun malam.

2. Mengobati Wasir atau Ambeien

Daun pare memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada pembuluh darah di sekitar dubur, dimana hal tersebut merupakan penyebab wasir atau ambeien. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun pare secara teratur jika ingin digunakan untuk mengobati wasir atau ambeien.

3. Mengobati Sakit Batuk

Manfaat daun pare untuk mengobati batuk tidak hanya berlaku untuk kalangan dewasa, tetapi juga dapat digunakan untuk anak-anak. Anda dapat membuat ramuannya dengan cara membuat air rebusan daun pare dan mengonsumsinua pada malam hari menjelang tidur.

4. Membantu Melancarkan Produksi ASI

Khasiat daun pare yang lainnya yaitu dapat membantu melancarkan keluarnya ASI (Air Susu Ibu). Sehingga bagi Ibu menyusui dapat memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda secara lancar. Untuk penggunaannya, cukup dengan menumbuk daun pare hingga lembut lalu terapkan pada bagian payudara. Lakukan sehari sekali secara rutin.

5. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit

Kandungan yang terdapat dalam daun pare ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul, panu, hingga abses. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan daun pare yang telah ditumbuk pada bagian kulit yang terkena secara rutin.

6. Melancarkan Siklus Haid pada Wanita

Bagi wanita, mungkin kadang kala mengalami siklus haid yang tidak teratur atau terlambat datang bulan dan mengalami rasa sakit yang berlebihan ketika datang bulang. Untuk mengatasi hal ini, khasiat daun pare dapat menjadi solusi yang tepat. Yaitu dengan cara mengonsumsi air rebusan daun pare sehari sekali secara rutin.

7. Menurunkan Demam

Seperti yang telah diketahui bahwa demam tinggi dapat menyebabkan kejang-kejang. Oleh karena itu, kondisi tersebut perlu segera diatasi salah satunya dengan cara menggunakan daun pare. Anda dapat menggunakan rebusan atau seduhan air daun pare untuk menurunkan demam.

8. Mengobati Peradangan Usus

Peradangan yang terjadi di usus dapat mengganggu sistem pencernaan. Dimana penyakit ini dapat disebabkan karena bakteri dan juga asupan makan yang tidak sehat. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi rebusan air daun pare sehari sekali secara rutin untuk mengobati sekaligus mencegah terjadinya gangguan sistem pencernaan yang lebih parah.

9. Menumbuhkan Rambut

Manfaat pare tidak hanya digunakan untuk mencegah serta mengobati penyakit saja, akan tetapi daun ini juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Untuk penggunaannya, terapkan daun pare yang telah dihaluskan sebagai masker rambut dan tambahkan air perasan  untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Begitulah pembahasan "16 Khasiat dan Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori manfaat buah pare untuk kesehatan, manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh, manfaat jus buah pare untuk kesehatan,

artikel ini bersumber dari https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-daun-pare/

Posting Komentar untuk "16 Khasiat Dan Manfaat Daun Pare Untuk Kesehatan Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan"