Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu Tentang Kencing Manis Jenis Ini Pencegahan Diabetes Insipidus

Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu tentang Kencing Manis Jenis Ini

Hi bersua lagi di situs Asli Herbal Indonesia , pada sesi ini penulis akan membahas tentang "Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu tentang Kencing Manis Jenis Ini" dengan jelas, ayo simak selengkapnya ...

Diabetes mellitus tentu sudah sering kita dengar, tetapi istilah diabetes insipidus, agak-agak lagi merebak asing di telinga. Diabetes model apakah ini dengan kira-kira apa gejalanya serta bagaimana mengatasinya. Yuk ikuti selengkapnya dialog di artikel ini.

Baca Juga:

Apa itu diabetes insipidus

insipidus adalah suatu hal di mana badan kehilangan terlewat berlimpah air lewat urine, melahirkan risiko dehidrasi yang tinggi. Ini adalah kelainan ganjil yang mengajak harmonisasi kekuatan air tubuh.

Penderita diabetes model ini memproduksi cairan seni di kuantitas berlebihan, sehingga sering buang cairan alit dengan sering pula menganggap haus. Namun, lantaran berasa dari kedua fakta ini berbeda dari diabetes tipe 1 dengan 2.

Diabetes model ini telah menjangkiti sekitar 1 dari 25.000 anak Adam di Amerika Serikat. Tentu saja rawan jika hal yang bersangkutan lagi arung berbagai kebobrokan yang sedang diderita atau arung komplikasi.

Beberapa bahan atas diabetes insipidus

Berikut adalah jumlah bahan penting atas diabetes insipidus:

  • Diabetes insipidus adalah suatu hal di mana badan gagal memantau harmoni cairan dengan benar, sehingga buang cairan alit menjadi berlebihan.
  • Produksi air kemih encer yang berlebihan atas diabetes model ini sering disertai dengan meningkatnya rasa mendambakan dengan asupan cairan yang tinggi.
  • Diabetes insipidus bisa melahirkan dehidrasi yang rawan jika seseorang tidak menambah asupan airnya.

Gejala diabetes insipidus

  • Gejala utama dari semua kasus kebobrokan ini adalah seringnya arung output air kemih dengan volume yang tinggi.
  • Gejala kedua yang paling umum adalah polidipsia, atau rasa mendambakan yang berlebihan. Dalam kejadian ini, hasil dari hilangnya cairan lewat urine. Rasa mendambakan memajukan pasien diabetes model ini buat meneguk berlimpah air.
  • Kebutuhan buang cairan alit bisa mengganggu kualitas tidur. Volume air kemih yang dilewati setiap musim bisa berkisar antara 3 liter dengan 20 liter, dengan apalagi bisa hingga 30 liter.
  • Gejala sekunder lainnya adalah dehidrasi akibat kehilangan cairan, terutama atas anak-anak yang agak-agak tidak bisa mengomunikasikan rasa haus. Anak-anak menjadi lesu dengan demam, arung muntah dengan diare.

Dehidrasi atas pasien diabetes insipidus

Orang yang tidak bisa menahan air kemih mereka, seperti pasien demensia, lagi berisiko arung dehidrasi.

Dehidrasi ekstrem bisa melahirkan hipernatremia, suatu hal di mana kontemplasi natrium serum di darah menjadi sangat agung akibat penyimpanan cairan yang rendah. Sel-sel badan lagi kehilangan air.

Hipernatremia bisa melahirkan fakta neurologis, seperti sedia dorongan terlewat berperan di akal dengan otot-otot saraf, kebingungan, kejang, atau apalagi koma.

Penyebab diabetes insipidus

Diabetes insipidus berlaku kala badan anda tidak bisa menyamakan kekuatan air badan dengan baik.

Ketika sistem harmonisasi air berfungsi dengan baik, buah punggung hendak mengakomodasi membela harmoni ini. Ginjal melemparkan air dari cucuran darah. Limbah air ini disimpan sementara di peranakan kemih sebagai urine, sampai kemudian anda buang cairan kecil.

Tubuh lagi bisa membersihkan diri dari kelebihan air lewat keringat, pernapasan, atau diare.

Hormon yang disebut anti-diuretic hormone (ADH), atau vasopresin, mengakomodasi memantau seberapa cepat atau ayal air diekskresikan. ADH dibuat di bagian akal yang disebut hipotalamus dengan disimpan di anak ginjal pituitari, sebentuk anak ginjal alit yang kedapatan di pangkal otak.

Jika anda alam kebobrokan ini, badan tidak bisa menyamakan kekuatan air dengan baik.

Penyebabnya bervariasi tergantung atas model diabetes insipidus yang diderita .

Diabetes insipidus sentral

Kerusakan atas anak ginjal hipofisis atau hipotalamus akibat pembedahan, tumor, cacat kepala, bisa melahirkan kebobrokan ini. Hal tersebut bisa mengajak produksi, penyimpanan, dengan pelepasan ADH yang biasa. Penyakit genetik bawaan lagi bisa melahirkan hal ini.

Diabetes insipidus nefrogenik

Diabetes insipidus nefrogenik berlaku kala sedia kebejatan atas tubulus buah punggung – bentuk di ginjal, yang melahirkan cairan diekskresikan atau diserap kembali. Hal ini melaksanakan buah punggung di badan tidak mampu merespon ADH dengan benar.

Keadaan tersebut agak-agak disebabkan bagi kelainan bawaan (genetik) atau kelainan buah punggung kronis. Obat-obatan tertentu, seperti lithium atau obat antivirus seperti foscarnet (Foscavir), lagi bisa melahirkan diabetes insipidus nefrogenik.

Diabetes insipidus gestasional

Diabetes insipidus gestasional jarang terjadi. Ini berlaku sekadar selagi kehamilan kala enzim yang dibuat bagi ari-ari melebuk ADH atas perempuan yang sedang arung kehamilan.

Diabetes insipidus polydipsia primer

Juga dikenal sebagai diabetes insipidus dipsogenik, hal ini bisa melahirkan pabrikasi sejumlah besar air kemih encer. Penyebab utamanya adalah terlau berlimpah meneguk cairan.

Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu tentang Kencing Manis Jenis Ini

Polydipsia primer bisa disebabkan bagi kebejatan mekanisme harmonisasi rasa mendambakan di hipotalamus. Kondisi ini lagi dikaitkan dengan kebobrokan mental, seperti skizofrenia.

Terkadang, tidak sedia lantaran jelas dari model kebobrokan ini. Namun, atas jumlah orang, kelainan ini agak-agak merupakan hasil dari reaksi autoimun yang melahirkan sistem kekebalan badan membobol sel-sel yang melaksanakan vasopresin.

Faktor risiko

Diabetes insipidus nefrogenik yang hadir atas atau setelah kelahiran biasanya memiliki lantaran (genetik) yang diturunkan secara permanen dengan mengubah kapabilitas buah punggung buat memekatkan urine.

Diabetes insipidus nefrogenik biasanya mengajak laki-laki, meskipun perempuan lagi bisa meneruskan gen tersebut kepada anak-anak mereka.

Komplikasi yang bisa muncul

Dehidrasi

Diabetes ini bisa melahirkan dehidrasi. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan:

  1. Mulut kering
  2. Perubahan elastisitas kulit
  3. Rasa mendambakan yang berlebih
  4. Kelelahan.

Ketidakseimbangan elektrolit

Penyakit ini bisa melahirkan senjang elektrolit – mineral di darah kamu, seperti natrium dengan kalium, yang membela harmoni air di tubuh.

Gejala senjang elektrolit bisa meliputi:

  1. Rasa lemah dengan tidak bertenaga
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kehilangan selera makan
  5. Kram otot
  6. Kebingungan atau cemas.

Obat-obatan yang mengajak harmoni cairan di di tubuh

Obat diuretik, yang biasa disebut pil air, lagi bisa melahirkan peningkatan pabrikasi urine. Ketidakseimbangan air lagi bisa berlaku setelah air diberikan secara intravena.

Dalam kasus ini, cepat tetesan dihentikan atau diperlambat, dengan keperluan buat buang cairan alit hendak hilang. Feed tube protein agung lagi bisa memajukan menambah output urine.

Diagnosis kebobrokan ini

Beberapa tes yang digunakan dukun buat mendiagnosis kebobrokan ini meliputi:

1. Uji cacat air

Saat sedang dipantau bagi dukun dengan barisan pelindung kesehatan, anda hendak diminta buat berakhir meneguk air selagi jumlah jam.

Hal tersebut bertujuan buat mencegah dehidrasi sementara saat air dibatasi. ADH memungkinkan buah punggung di badan buat mengurangi kuantitas air yang beterbangan di urine.

Saat air ditahan, dukun hendak mengukur perubahan beban badan, output urine, dengan kontemplasi air kemih dengan darah di di tubuh. Dokter lagi bisa mengukur kekuatan ADH di darah atau memberikan ADH sintetis selagi tes ini.

Hal ini hendak menentukan apakah badan memproduksi layak ADH dengan apakah buah punggung bisa bidas seperti yang diharapkan.

Sebelum tes cacat cairan di badan dilakukan bagi dokter, pemeriksaan lain dilakukan bahkan dahulu buat memastikan jumlah kejadian berikut:

  • Diabetes mellitus: Kadar gula darah atas diabetes tipe 1 dengan 2 mengajak output urine.
  • Polydipsia primer: Asupan cairan yang berlebihan sebagai akibat dari hal ini bisa melaksanakan output air kemih menjadi tinggi. Ini bisa dikaitkan dengan kebobrokan kejiwaan, seperti skizofrenia.

2. Magnetic resonance imaging (MRI)

MRI bisa mencari kelainan di anak ginjal hipofisis. Tes ini tidak invasif. Ia menggunakan alun-alun besi sembrani yang kuat dengan gelombang radio buat melaksanakan gambar detail jala-jala otak.

3. Skrining genetik

Jika anak Adam lain di anak bini anda memiliki bab dengan buang cairan alit yang berlebihan, dukun agak-agak hendak mencadangkan skrining genetik.

Insipidus vs Mellitus

Diabetes insipidus dengan diabetes mellitus tidak berhubungan satu sama lain. Kata ‘mellitus’ dengan ‘insipidus’ berasal dari istilah hari-hari awal mendiagnosis hal tersebut. Dokter hendak menjumpai cairan seni buat mengukur kekuatan gula.

Jika air kemih terasa manis, itu berfaedah bahwa terlewat berlimpah gula yang dihasilkan badan di urine, dengan dukun akan  mendiagnosis sebagai diabetes mellitus.

Namun, jika air kemih terasa basi atau netral, itu berfaedah kontemplasi cairan terlewat tinggi, dengan diabetes inspidus kemudian hendak didiagnosis. “Insipidus” berasal dari kata “insipid,” yang berfaedah lemah atau hambar.

Pada diabetes mellitus, peningkatan gula darah memajukan pabrikasi air kemih di kuantitas besar buat mengakomodasi menghilangkan kelebihan gula dari tubuh.

Diabetes mellitus asing lebih umum ketimbang insipidus. Insipidus, bagaimanapun, mekar asing lebih cepat.

Dari kedua hal tersebut, diabetes mellitus lebih rawan dengan berat diobati, terutama bila pasien tidak ilmu menerapkan pola bersiar-siar dengan berjiwa yang sehat.

Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu tentang Kencing Manis Jenis Ini

Baca Juga:

Pengobatan diabetes insipidus

Pilihan pengobatan buat model kebobrokan ini yang paling umum meliputi:

  • Diabetes insipidus sentral

Jika anda alam diabetes insipidus ringan, anda agak-agak sekadar krusial menambah asupan air. Jika hal ini disebabkan bagi kelainan atas anak ginjal hipofisis atau hipotalamus (seperti tumor), dukun hendak memelihara kelainan tersebut bahkan dahulu.

Biasanya, aliran ini diobati dengan hormon buatan manusia yang disebut desmopresin (DDAVP, Minirin, lainnya). Obat ini menggantikan hormon anti diuretik (ADH) yang beterbangan dengan mengurangi buang cairan kecil.

Kamu bisa menggunakan desmopresin sebagai semprotan hidung, sebagai pil oral atau dengan injeksi.

Sebagian besar anak Adam lagi menggunakan ADH, meskipun jumlahnya bisa bervariasi setiap hari. Jadi, kuantitas desmopressin yang anda butuhkan lagi bisa bervariasi pula.

Mengambil lebih berlimpah desmopresin ketimbang yang anda butuhkan bisa melahirkan penyimpanan cairan dengan berpotensi kekuatan natrium rendah yang serius di darah.

Obat-obatan lain agak-agak lagi diresepkan, seperti indometasin (Indocin, Tivorbex) dengan chlorpropamide. Obat-obatan ini bisa melaksanakan ADH lebih tersedia di di tubuh.

  • Diabetes insipidus nefrogenik

Karena buah punggung tidak bidas dengan apik terhadap ADH atas kebobrokan ini, desmopresin lagi tidak hendak berlimpah membantu.

Sebagai gantinya, dukun agak-agak meresepkan diet rendah garam buat mengakomodasi mengurangi kuantitas air kemih yang dihasilkan ginjal. Kamu lagi krusial meneguk layak cairan buat meninggalkan dehidrasi.

Perawatan dengan obat hydrochlorothiazide (Microzide) bisa memajukan menambah gejala. Meskipun hydrochlorothiazide adalah model obat yang biasanya memajukan menambah output air kemih (diuretik), atas jumlah orang, kejadian itu bisa mengurangi output urine.

  • Diabetes insipidus gestasional

Pengobatan bagi kebanyakan anak Adam dengan diabetes insipidus gestasional adalah dengan hormon desmopresin sintetis.

  • Polydipsia primer

Tidak sedia pengobatan khusus buat aliran diabetes insipidus ini, selain sekadar mengurangi asupan cairan. Jika hal ini berhubungan dengan kebobrokan mental, mengobati kebobrokan mental bisa mengentengkan fakta kebobrokan ini.

Tindakan pencegahan

Diabetes inspidus seringkali berat atau apalagi alit kemungkinannya buat dicegah. Ini disebabkan akibat gejalanya pun bisa merupakan hasil dari bab genetik atau hal turunan. Namun, bukan berfaedah tidak bisa dikelola secara intensif.

Ini sering merupakan hal kebobrokan yang dialami seumur hidup. Tetapi dengan pemeliharaan yang berkelanjutan, rutin, dengan disiplin, kemungkinan dari ini hendak bisa menjadi lebih apik dengan tidak terlewat berisiko buruk.

Konsultasikan hal kesehatan anda di Good Doctor. Yuk, buat konsultasi online dengan dukun terpercaya sekadar di Apps!

Begitulah pembahasan "Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu tentang Kencing Manis Jenis Ini" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori pencegahan diabetes insipidus, pencegahan diabetes insipidus brainly, pengobatan diabetes insipidus,

artikel ini bersumber dari https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/diabetes-insipidus-seperti-apa-penyakit-diabetes-jenis-ini/

Posting Komentar untuk "Diabetes Insipidus, Yuk Cari Tahu Tentang Kencing Manis Jenis Ini Pencegahan Diabetes Insipidus"